..:: PEMILIH CERDAS MENENTUKAN MASA DEPAN BENGKULU YANG LEBIH BAIK ::.. pmiibkl@gmail.com ..:: MEMBANGUN WACANA ALTERNATIF MEMPERKUAT PARADIGMA PERGERAKAN ::.. INGAT TANGGAL 3 JULI 2010.... SAHABAT HARUS MENENTUKAN, BENGKULU INI MAU DIBAWA KEMANA... pmiibkl@gmail.com ISI DAFTAR TAMU ya..

Pentingnya Berorganisasi di Kampus

Tahun ajaran baru udah dimulai kembali dan banyak ABG2 baru yang sedang hepi-hepinya menikmati kebebasan berkuliah karena mereka dapat mengatur sendiri jadwal kapan mau ikut kuliah dan kapan mau mabal tanpa perlu takut-takut lagi.

Di kampus baru mereka, dimanapun itu mereka juga akan banyak mendapat tawaran-tawaran agar mau bergabung dengan salah satu organisasi yang ada.

Sejauh sepengetahuan saya banyak dari mereka yang langsung menolak bergabung dengan alasan takut nilai IP-nya jeblok, padahal menurut saya di kampus itu hanya ada 3 kegiatan utama yang seharusnya dilakukan oleh para mahasiswa/mahasiswi.

1. Mencari nilai
Untuk point ini saya rasa sudah sangat jelas bahwa setiap mahasiswa ingin mendapat nilai sebaik-baiknya dengan cara apapun ( sebaiknya halal agar tidak menambah dosa ) karena kebanyakan orang lebih percaya dengan pembuktian apakah seseorang mampu atau tidak biasanya dilihat dari statistik nilai yang diperolehnya

2. Mencari ilmu
Di sini harus ditelaah dengan agak mendalam karena ilmu yang seharusnya dicari oleh para mahasiswa/mahasiswi tidak melulu hanya teori dari buku, nah disinilah pentingnya mengikuti organisasi kemahasiswaan karena banyak ilmu tambahan terutama prakteknya yang tidak bisa didapatkan bila hanya belajar text book saja di dalam kelas, contohnya adalah bagaimana caranya membuat suatu rapat menjadi efektif.

Dalam point ini berorganisasi juga sangat penting karena dengan bergabung di satu atau lebih organisasi maka akses yang dipunyai untuk berhubungan dengan orang lain akan bertambah berlipat-lipat karena dalam organisasi biasanya akan banyak kerjasama-kerjasama lintas kampus bahkan daerah, salah satu contohnya adalah studi banding dengan universitas lain.

Jadi bila para mahasiswa/mahasiswi baru masih juga menolak ikut berorganisasi dengan alasan IP takut jeblok sangatlah salah, bukankah mengatur waktu juga termasuk salah satu pembelajaran? Bila mengatur waktu saja masih serabutan, masih pantaskah menyebut dirinya mahasiswa yang berarti lebih dari siswa (SMA,SMP,SD).

Bila Anda telah memutuskan untuk bergabung dengan salah satu organisasi yang berada di kampus Anda, disini ada beberapa tips agar organisasi yang anda ikuti bermanfaat dan sesuai bagi Anda.

Lihat dahulu visi dan misi dari organisasi tersebut, hal ini dapat Anda tanyakan pada kakak-kakak pengurus disana atau dengan melihat anggaran dasar / anggaran rumah tangga organisasi yang bersangkutan.

Cari tahu kegiatan-kegiatan apa sajakah yang sudah dilakukan dan apa saja kegiatan yang akan dilakukan organisasi tersebut. Bandingkan apakah kegiatan tersebut sudah sesuai dengan minat Anda, kemampuan, dan waktu luang yang tersedia ( time management )

Posisi apa saja yang ada dalam organisasi tersebut, sesuaikan posisi yang Anda inginkan, lihat apakah posisi tersebut bisa Anda masuki atau tidak.

Setelah Anda bergabung lakukan pekerjaan, baik itu hak maupun kewajiban Anda dengan sepenuh hati. Cobalah dahulu minimal 3 bulan. Bila lewat 3 bulan Anda merasa banyak mendapatkan sesuatu yang baik dan membuat skill Anda bertambah lanjutkan, bila tidak segeralah mengundurkan diri agar tidak menjadi beban bagi Anda maupun organisasi yang anda masuki. Coba cari organisasi lain dan ulangi langkah-langkah diatas.

Penulis adalah Mahasiswa Universita Muhamadiyah Bengkulu
Sekretaris bidang exsternal PC PMII Kota Bengkulu 2008

1 komentar:

  1. Betul...Organisasi penting tapi lebih penting lagi belajar..
    Salam..